Get Gifs at CodemySpace.com

AGAMA, TRADISI, DAN BUDAYA

Jumat, 01 Juli 2011


1.  Definisi Agama
          Agama adalah seperangkat aturan dan peraturan yang mengatur hubungan manusia dengan Tuhannya, manusia dengan manusia lainnya, dan manusia dengan lingkungannya. Agama dapat diartikan juga sebagai suatu sistem kehidupan yang dianut dan tindakannya diwujudkan oleh suatu kelompok atau masyarakat dalam menginterpretasikan dan memberi respon terhadap apa yang dirasakan dan diyakini sebagai sakral dan suci. Agama menjadi pendorong dan penggerak serta pengontrol bagi semua tindakan penganutnya. Agama sebagai ajaran dari Tuhan merupakan sistem kehidupan yang berisikan ajaran dan petunjuk bagi penganutnya agar selamat dari kehidupan dunia dan akhirat.
2.   Definisi Tradisi

          Tradisi merupakan suatu gambaran sikap dan perilaku manusia yang telah berjalan sangat lama dan dilaksanakan secara turun-temurun. Ada dua buah faktor yang melahirkan tradisi. Pertama, adanya kecenderungan hati kepada perbuatan itu. Kedua, diikutinya kecenderungan hati itu dengan praktik yang diulang-ulang sehingga menjadi biasa.
          Tradisi yang terjadi di masyarakat, terkadang berlainan dengan nilai-nilai tertentu seperti nilai-nilai agama.  Hal ini terjadi karena kehendak hati untuk melakukan perbuatan tersebut harus dilakukan atas dasar tertentu. Akhirnya, ukuran penilaian baik dan buruk terhadap suatu perbuatan, menjadi kesepakatan bersama masyarakat setempat. Karena itu, tradisi sangat bervariasi sifatnya.
          Manusia secara pribadi dalam melakukan tindakan atau berperilaku selalu mengidentifikasi dirinya dengan orang lain. Dalam proses identifikasi diri ini, faktor yang terdekat dengan dirinya dalam mengidentifikasi diri adalah keluarga dan lingkungan dimana dirinya berada.

3.   Definisi Budaya
          Menurut Sutan Takdir Alisyahbana, budaya dalam arti sempit adalah adat istiadat, kepercayaaan, seni budaya. Sedangkan dalam arti luas adalah melingkupi segala perbuatan manusia, hasil budaya manusia, dan kehidupan sehari-hari.
          Menurut Hasyim dan Koentjaraningrat, budaya adalah suatu konsep tatanan pengetahuan, pengalaman, kepercayaan, nilai sikap, makna, hierarki agama yang menjadi sebuah ciri khas suatu bangsa. Selain itu, budaya merupakan sumber akhlak dan perilaku masyarakat pada suatu tempat dan kurun waktu tertentu. (Hasyim, 2007; Koentjaraningrat, 1983).
          Seluruh perbendaharaan perilaku kita sangat bergantung pada budaya tempat kita dibesarkan karena budaya merupakan landasan dalam cara berperilaku dan berkomunikasi seseorang.

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger