Setelah kita mengenal bahasa Java sekarang kita akan menggali lebih dalam lagi tentang Java API sebagai interface untuk mengakses sumber daya atau layanan dari sistem operasi.
3.1 Data teks
Pada bagian sebelumnya kita telah mengenal class-class yang berhubungan dengan waktu. Sekarang kita akan mempelajari tentang Character dan String Plat form Java mengandung tiga class yang berguna dalam bekerja dengan data teks
1. Character, yang digunakan untuk menyimpan nilai dari satu karakter. Class ini juga berisi method-method untuk memanipulasi ataupun memeriksa nilai sebuah karakter tunggal
2. String, biasa digunakan untuk data immutable (tidak berubah sejak pertama kali ia dibuat) yang terdiri atas banyak karakter. Objek String bisa diisi dengan nilai null dan tidak akan bermasalah jika kita coba menampilkan hasilnya
3. String Buffer merupakan class untuk menyimpan dan memanipulasi data yang dapat berubah yang terdiri atas banyak karakter.
1 . C haracter
Objek character diperlukan (bukannya tipe primitif char) pada saat kita ingin melewatkan suatu nilai karakter ke dalam method yang akan mengubah nilai tersebut, atau kalau kita ingin menempatkannya pada suatu struktur data yang memerlukan tipe objek. Contoh:
keluarannya adalah sebagai berikut:
2 . S tring
Untuk menciptakan objek String ada beberapa cara, yaitu:
· dengan langsung menggunakan string literal, contoh: String str = “Hello
World!”;
· menggunakan konstruktor dengan parameter String str = new String(“Hello
World!”);
keduanya akan menghasikan objek yang sama. Meskipun demikian, cara yang menggunakan literal string adalah lebih baik.
Cara yang lain adalah dengan konstruktor yang menggunakan array seperti contoh berikut:
OutPut nya:
3 . S tringBuffer
StringBuffer adalah dekorator objek String yang mempunyai nilai sekaligus kapasitas penyangga untuk perubahan nilai.
Bilangan dan Matematika
1 . Angka-angka
Setelah mempelajari cara menangani teks, kita akan belajar bagaimana menyimpan nilai suatu bilangan dan merepresentasikannya dalam bentuk yang kita inginkan. Class java lang. Number digunakan untuk menyimpan nilai bilangan. Ia mempunyai hirarki seperti gambar di bawah ini. Terlihat bahwa selain dari tipe-tipe primitif, Java juga menyediakan objek wrapper dari tipe-tipe primitifnya.
a. Mengkonversi Number dari dan ke String
Sebuah program Java yang bekerja pada bilangan harus mendapat masukan dari suatu tempat. Seringkali program harus membaca representasi tekstual dari sebuah bilangan, sehingga harus dikonversi terlebih dahulu.
Contoh method-method untuk mengkonversi String ke Number:
b. Memformat angka-angka
Bilangan biasanya dicetak atau ditampilkan berbeda pada negara-negara yang lain. Contohnya, di Indonesia dan Eropa berlaku tanda titik untuk pemisah ribuan dan tanda koma digunakan untuk memisahkan angka desimal sedangkan di banyak negara lain berlaku sebaliknya. Perbedaan bentuk ini dapat berkembang lebih jauh lagi saat menampilkan bilangan yang merepresentasikan nilai uang. Untuk mengkonversi bilangan ke String untuk ditampilkan, akan lebih baik bila kita gunakan class java text. Number Format untuk mengkonversi secara setting/locale tertentu. Program dibawah ini menampilkan bilangan dalam bentuk tampilan yang berbeda, yaitu bilangan biasa (Integer dan Double), nilai mata uang dan persen. Perhatikan keluarannya dan lihat bahwa default Locale/setting sudah menunjukkan spesifik bahasa dan Negara Indonesia mengikuti setting sistem operasi yang kita miliki, hanya saja formatnya belum benar, kelak ini akan kita sempurnakan. Mengapa negara lain sudah mempunyai format tertentu di dalam Java yang mengikuti aturan kebiasaan di negaranya, sedangkan di negara kita tidak? Saya tidak tahu, tapi saya mengerti bagaimana ini terjadi. Hal ini disebabkan setting yang ada (available locales) tidak menyediakan Resource Bundle untuk Indonesia. Sekarang coba anda lihat setting negara apa saja yang sudah ada.
Kemudian periksa keluarannya, tidak ada in_ID bukan?
Sekarang kita akan mencoba membuat sebuah class yang akan mencetak bilangan dalam ormat Indonesia. Class ini hanya berisi method static yang membungkus method factorydari Number Format
2 . F ungsi-fungsi matematis
Class java lang Math mendefinisikan sejumlah method static untuk operasi-operasi trigonometrik, logaritmik, eksponensial, operasi pembulatan, dan lain.lain. Class ini hanya mempunyai static field dan static method, sehingga tidak diperlukan instansiasi untuk memanggilnya. Untuk fungsi-fungsi trigonometrik, sudut dinyatakan dalam radian. Fungsi logaritma dan eksponensia berdasarkan basis alami e, bukan dengan basis 10. Untuk fungsi-fungsi yang lebih ketat hasilnya bisa digunakan class java.lang.StrictMath. Beberapa contoh diantaranya:
a) Bilangan acak (Random Numbers)
Class Math juga menyediakan method random() untuk membangkitkan bilangan pseudorandom,tapi untuk kegunaan yang lebih luwes dapat kita gunakan classjava.util.Random. Jika kita membutuhkan bilangan yang sangat pseudo-random,
gunakan saja class java.security.SecureRandom:
Package java.math mengandung class Big Integer dan Big Decimal. Class-class ini mengijinkan kita bekerja dengan angka-angka yang sangat besar dan ketelitian yang sangat tinggi. Misalnya kita akan menghitung factorial dari 1000
0 komentar:
Posting Komentar